Breaking News

Pages

Minggu, 22 Maret 2015

Manfaat dan Keburukan Mengkonsumsi Coklat

CiriCara.com – Segala yang dikonsumsi oleh manusia yang berupa makanan pasti mempunyai dampak positif atau negatif, bila yang dikonsumsi berlebihan atau tidak melihat aturan-aturannya. Contohnya coklat, di dalam coklat sendiri mempunyai kandungan alkaloid-alkaloid seperti teobromim, fenetilamina dan anandamida, yang memiliki efek fisiologis untuk tubuh. Kandungan-kandungan tersebut banyak dihubungkan dengan tingkat serotonin dalam otak. Positifnya bahwa mengkonsumsi coklat bila dimakan secara normal dan teratur maka berdampak akan menurunkan tekanan darah, serta dapat mengurangai pembentukan radikal bebas dalam tubuh.
Ist
Ist
Sisi lain kemanfaatan mengkonsumsi sepotong cokolat mempunyai dampak positif terhadap orang yang mengkonsumsinya, seperti
  1. Menurunkan tekanan darah. Kandungan dalam coklat mengandung senyawa yang berfungsi untuk menenangkan syaraf-syaraf dengan ketegangan tertentu. Sehingga orang yang mengkonsumsi coklat akan lebih fresh dan rileks.
  2. Menurunkan kolesterol. Begitu juga dengan kolesterol, dimana bila seseorang mengkonsumsi sebatang coklat juga akan menurunkan kolesterol sebanyak 10 persen.
  3. Kandungan antioksidan yang tinggi. Coklat mengandung flavanol, merupakan senyawa yang dibentuk secara alamiah dalam makanan nabati dan berfungsi sebagai antioksidan dan menangkal radikal bebas dalam tubuh.
  4. Anti-depresi. Coklat mengandung serotonin dengan mengkonsomsi coklat tersebut maka tubuh akan terangsang dan memproduksi enzim endorphin sehingga akan menciptakan perasaan bahagia dan senang. Jadi bila stress mengindap maka makanlah coklat.
Pada uraian di atas telah disebutkan tentang manfaat mengkonsumsi coklat, tetapi disisi lain mengkonsumsi coklat ternyata mempunyai efek tidak baik dan menyenangkan bagi tubuh. Adapun keburukan mengkonsumsi sebatang coklat bagi tubuh, yaitu:
  • Mengandung kalori dan gula yang tinggi sehingga menimbulkan pertumbuhan pada tubuh secara tidak signifikan.
  • Bila mengkonsumsi segelas coklat panas sebelum maka, maka berdampak mengurangi selera makan (dikhususkan bagi mereka yang mengikuti program berat.
  • Bagi mereka yang mempunyai penyaki migraine, akan mengalami pening jika mengkonsumsi coklat secara berlebihan.
  • Bila mengkonsumsi coklat yang tidak ‘bermerk’ atau yang murah atau sangat murah, maka akan mengakibatkan kerusakan gigi dan gangguan kesehatan seperti penyakit diabetes.
Demikianlah tentang manfaat dan keburukan mengkonsumsi coklat, dan dalam memilih coklat harus dilihat ‘merk’nya. Semoga bermanfaat.
Penulis: MasArif
Tempat Diskusi Orang Mau Beken

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By mirajul blog