Breaking News

Pages

Minggu, 22 Maret 2015

Cara Ketahui Kondisi Tubuh dari Warna Urine

CiriCara.com – Sang Pencipta telah mendisain tubuh manusia dengan begitu sempurna. Tubuh bukan saja memiliki kemampuan untuk menyaring racun tetapi juga sanggup memberi tanda apabila ada kondisi yang tidak baik terjadi di organ dalam. Mengetahui kondisi dalam tubuh, salah satu tanda dapat kita lihat melalui warna urine.
urine
Ilustrasi urine – Ist
Umumnya orang kurang memperhatikan warna urine mereka. Ternyata, urine bukanlah sekedar cairan yang dibuang oleh tubuh. Memperhatikan warna urine dengan seksama dapat menjadi rambu bagi kamu untuk mengetahui parameter kondisi kesehatan. Seperti yang penulis kutip dari Daily Mail, Dr. Chris Steele yang telah melakukan penelitian terhadap warna urine dari yang kuning cerah hingga biru. Beliau menyarankan supaya mengecek urine dengan cara menampungnya langsung bukan melihat dari dalam kloset setelah tercampur air. Ia juga mengingatkan bahwa asupan makanan sangat mempengaruhi sistem tubuh.
Warna urine memberi pertanda dari segi kesehatan. Tidak hanya menjadi signal seseorang terhidrasi dengan baik atau kekurangan cairan. Dr Chris Steel berpendapat bahwa ginjal memilki dua fungsi utama, yaiitu menyaring racun dan kotoran kemudian membuang dari tubuh. kedua, menyeimbangkan cairan dalam tubuh.
Beliau menyatakan, “pada pagi hari, kemungkinan setiap orang akan menyadari urinenya lebih gelap daripada malam hari. Hal ini karena pada malam hari, ketika sedang tidur, ginjal sedang berkonsentrasi bekerja menyaring efek racun.” Berikut jenis-jenis warna urine yang perlu kamu ketahui.
Transparan/bening
Teralu banyak minum air. Sebaiknya kamu tidak mengonsumsi air mineral dengan jumlah berlebih.
Kuning pucat
Tubuh dalam kondisi normal, sehat, terhidrasi dengan baik.
Kuning transparan
Kondisi tubuh sehat, normal dan cukup air.
Kuning tua
Dalam kondisi ini tubuh masih tergolong normal. Namun, kamu perlu sedikit lagi minum air.
Kuning seperti madu
Kuning berbusa
Ini pertanda adanya efek cairan berbahaya. Bisa juga mengindikasinya terlalu banyak mengonsumsi protein atau terdapat masalah pada ginjal.
Cokelat
Ini rambu bahwa tubuh mengalami gangguan pada hati (liver) atau dehidrasi tingkat tinggi.
Oranye
Tubuh mengalami dehidrasi, terdapat masalah pada liver, empedu atau akibat mengonsumsi makanan/minuman yang mengandung zat pewarna.
Hijau atau biru
Ini merupakan temuan yang langka. Terdapat adanya faktor genetika yang menyebabkan urine menjadi hijau atau biru. Kemungkinan terdapat bakteri yang mengkontaminasi saluran urine. Atau akibat makanan dengan pewarna buatan, bisa juga karena terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan.
Pink
Apabila urine berwarna jingga atau pink biasanya ini dipengaruhi karena mengonsumsi ubi bit atau sejenis obat pencuci perut. Namun, kamu harus waspada karena bisa jadi ini pertanda adanya kandungan darah yang tercampur di dalam urine. Dalam kondisi ini mengindikasi seseorang mengidap masalah pada ginjal, tumor, infeksi saluran urine, prostat, atau terkontaminasi zat merkuri.
Penulis: *SIAHAAN RONA*
Tempat Diskusi Orang Mau Beken

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By mirajul blog